Home » » Umpan Mancing Ikan Gabus | Kutuk | Haruan | Boncel

Umpan Mancing Ikan Gabus | Kutuk | Haruan | Boncel

Ikan gabus adalah salah satu ikan air tawar yang tergolong kanibal.jika saat dalam kepepet serta persediaan makanan di alam kurang mencukupi,ia bisa memakan sesama jenis gabus lainnya yang di anggap lemah dan kecil.

maka dari itu,Jika kata orang jawa pada zaman dahulu,Orang yang sedang hamil Sangat tidak di sarankan makan ikan ini karena ikan yang tergolong kanibal.memakan sesama jenis.Ikan gabus juga banyak hidup di perairan dangkal,dalam,rawa sungai,parit,tambak dll.Ikan gabus juga tergolong ikan yang paling mudah untuk di pancing.

Pakan utama ikan gabus adalah ikan kecil baik sesam jenis maupun lain jenis ikan, serangga dan berbagai pakan alami yang terdapat di alam liar salah satunya adalah berudu dan kodok kecil.

Ciri Fisik Ikan Gabus :

Ikan gabus banyak kita temui di sungai dan parit,rawa.ikan gabus mampu hidup besar dan mampu memiliki panjang hingga 1 meter,kepala yang cukup besar,hitam gepeng kecoklatan hampir mirip dengan hewan jenis ular.

Rasa daging gabus sangat enak dan gurih dan bisa untuk di jadikan sarana pengobatan berbagai jenis penyakit.kususnya masalah luka dan bekas luka, seperti sehabis operasi, luka dalam, koreng dll.

Warna ikan gabus liar hitam baik dari kepala sampai ekor dan bagian bawah memiliki warna putih yang sedikit kekuningan dan ikan gabus akan sulit untuk di bedakan jika saat berada dalam air yang keruh.selain itu,mulut yang besar.sangat mudah untuk memangsa berbagai jenis ikan kecil serta umpan mancing yang kita gunakan.


Jenis Umpan Mancing Ikan Gabus

Setelah kita mengetahui gaya hidup ikan gabus di alam liar.maka kita bisa simpulkan untuk meracik dan membuat umpan mancing ikan ini dengan sangat mudah.banyak jenis hewan kecil yang bisa untuk mancing ikan gabus untuk di segala tempat.

Yang terpenting,sebelum memancing kita sudah mengetahui,di daerah mana ikan gabus suka bersembunyi,di air jenis apa ikan suka hidup,maka semua kebiasaanya perlu kita ketahui agar hasil mancing nantinya juga cukup memuaskan.

1. Umpan Cacing

Ini sesuai pengalaman penulis.yang menempatkan umpan jenis cacing masih di urutan pertama.Sebab sesuai di lapangan,umpan cacing sampai saat ini masih merupakan umpan terbaik jika bandingkan dengan jenis umpan lain.

Selain mudah untuk mendapatkan cacing,mancinggabus dengan cacing tergolong mudah paling galak,hal ini terbukti untuk semua jenis lokasi tanpa terkecuali.

2. Umpan jenis Ikan

Ikan gabus yang kanibal,maka bisa kita pancing dengan menggunakan ikan kecil.baik ikan hidup maupun ikan mati.namun,akan lebih bagus menggunakan ikan mati yang masih segar untuk mancing ikan gabus.
Namun,banyak juga orang yang menggunakan ikan kecil yang masih hidup untuk mancing ikan gabus dengan cara,kail di tancapkan pada punggung.dengan demikian,ikan masih bisa berenang dan siap untuk mencari mangsa.

3. Umpan jangkrik dan belalang

Belalang yang masih hidup juga bagus untuk mancingikan gabus.dan sudah terbukti di lapangan juga tergolong galak.Selain belalang,kita juga bisa menggunakan umpan jenis jangkrik.

Jika selama ini belum pernah mencoba mancing ikan gabus dengan jangkrik,maka tak ada salahnya jika juragan mencoba,lalu buktikan dan bandingkan dengan jenis umpan lainnya,mana yang paling joss dan galak.

4. Umpan Racikan

Bahan yang perlu di sediakan adalah sebagai berikut :
- Tepung Udang
- Tepung ikan
- Pelet jenis Pf 100
- Telur ayam kampung rebus
- Bawang putih
- Daging ikan atau hewan
- Madu
- Air secukupnya

Semua bahan silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan sendiri.bahan di atas kita aduk menjadi satu dan kita buat adonan.setelah menjadi adinan,campur dengan air sedikit,supaya lebih lengkat dan mudah di bentuk menjadi bulat-bulat.

Akan lebih bagus, jika sesuaikan dengan ukuran mulut ikan, jika lokasi mancing anda ikannya besar-besar,buat umpan tersebut besar dengan kail yang besar juga, begitu juga sebaliknya. Jika sudah terbuat menjadi adonan, maka umpan racikan siap untuk kita gunakan.


Waktu jam Mancing Ikan gabus

Waktu jam mancing ikan gabus sebenarnya bisa kita lakukan kapan saja,baik malam dan siang hari.namun,di antara waktu tersebut ada waktu yang paling tepat untuk mendapatkan ikan gabus yang berlimpah.

Masih sesuai pengalaman,mancing ikan gabus akan lebih bagus pada malam hari dan saat sinar bulan sedang gelap.Saat inilah yang paling tepat.sebab malam hari biasanya ikan gabus berkeliaran mencari makan.

Cari air yang tenang,banyak semak dan sedikit keruh.ikan gabus lebih menyukai alam yang demikian,apalagi,jika saat hujan gerimis,ikan gabus juga tergolong galak jika kita mancing saat demikian.
Thanks for reading Umpan Mancing Ikan Gabus | Kutuk | Haruan | Boncel

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar